Sabtu, 26 Juni 2010

Sejarah Vespa


Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio.Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbangnya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.

Bangkit

Enrico Piaggio mengambil alih perusahan ayahnya (Rinaldo). Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain. Saat melihat kendaraan itu, Enrique Piaggio berkata “ Sambra Una Vespa” ( terlihat seperti Tawon ). Frame depan dirancang untuk melindungi pengendara dari debu jalanan. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950, vespa telah diproduksi di German, Great Britain, Prancis, Belgia, Spanyol dan tentu di Italia. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

videos Vespa History

Sejarah Vespa Italia ada di Indonesia




Ternyata negeri kita ini bisa dibanggakan, betapa tidak.. salah satu sejarah otomotif dunia yaitu sejarah Vespa tersimpan di Indonesia.

Melalui tangan bapak H. S Taryanto, Salah satu Prototype Vespa lansiran tahun 1946 ada ditangan beliau.. Dibuat oleh Corradino D’Ascanio seorang insinyur aeronautics mendesign konsep vespa sebagai sebuah kendaraan simple, nyaman, mudah dioperasikan, dan mampu mengangkut barang bawaan.

Ia merupakan pioneer proyek pengembangan helicopter modern dan bergabung dengan Piaggio pada 1934, karena tak bisa mengendarai motor, Ia menciptakan motor berdasarkan pengetahuan aeronautics. Kreasinya berupa motor praktis dengan pusat pengoperasian di setang mesin dibelakang langsung menggerakan roda depan, sedangkan fork depan didesain mirip ban pesawat guna menggunakan penggantian.

Konon didunia ini ada 4 model prototype berjumlah 15 unit tersebar di seluruh dunia. Ada 3 unit yang masuk ke Indonesia dan satu diantaranya ya... kepunyaan orang Indonesia ini...

Fact => Motor ini hanya diproduksi 15 unit diseluruh dunia( bahkan tidak resmi diperjual belikan/ prototype/ handmade) setiap unit dirancang sesuai selera pembuatnya.

Masuk ke Indonesia melalui salah seorang kedubes Italy.
Pemiliknya menemukan vespa ini di sebuah kandang ayam yang ga keurus.

Pemiliknya sendiri ga mau ngejual ke luar negeri, karena mau menjaga asset yang dimiliki Indonesia.

pernah ada yang menawar sekitar 150 jt pada thn 2005 yang lalu.. tetapi si empunya menolak dengan alasan menjaga asset in

Selama 20 tahun, Vespaku belum pernah mogok. Mau…?


Bagi kebanyakan orang, vespa identik dengan mogok, boros bensin, boros busi, karbu banjir, dan seabrek permasalahan lainnya. Selama 20 tahun pegang Spartan, saya koq belom pernah ngalamin mogok ya Kalo ban kena paku sih sering
Dulu bokap punya Vespa ‘61 dijual tahun 1986 trus beli P150SE (Sera II). Tahun 1989 beli Spartan buat saya sekolah, yang akhirnya saya pakai sampe sekarang. Karena itu pula saya ndak begitu paham dengan vespa berplatina, karena tiap hari cuman pake vespa CDI. Sejak mulai datang dari dealer, vespaku ndak pernah masuk bengkel. Semua tentang perbaikan saya kerjakan sendiri. Mengapa..? Karena bagi saya vespaku adalah masterpiece. Dia harus diservis secara berkala agar nggak ngambek saat aku naikin.
Servis berkala dilakukan dengan batasan jarak tempuh. Nggak harus tepat bener sich… Biasanya servis berkala saya lakukan tiap 5.000 km. Kebetulan servis berkala yang terakhir sempat saya potret2, mudah-mudahan berguna khususnya buat rekan-rekan yang baru belajar menjinakkan vespa Karena tulisan ini ditujukan untuk rekan-rekan yang baru belajar, saya pun menyesuaikan dengan menggunakan peralatan-peralatan sederhana.
Tiap 5000 km, servis berkala meliputi pemeriksaan kabel (kopling, pemindah gigi dan kabel gas), pembersihan karbu, pembersihan ruang bakar dan ganti oli.
Alat-alat yang diperlukan adalah sebagai berikut :
Kunci sok ukuran 11, 13 dan 17
Kunci pas 6-7 dan 8-9
Kunci busi
Tang , Obeng + dan -
Obeng ketok jika ada
Sebaiknya perbaikan dilakukan saat mesin dingin, untuk menghindari kita terkena panas mesin atawa kenalpot. Urutan langkah kerja berikut ini berdasar kebiasaan. Bagi orang lain mungkin berbeda urutan pengerjaannya.
Langkah pertama adalah menutup kran bensin, Lalu buka cover mesin, tutup karbu, tutup bak pemindah gigi.

Buka niple kabel kopling, pemindah gigi


Lepaskan tudung lampu, jika perlu lepas pula lampunya agar pekerjaan mudah.

Lepaskan kabel gas, kopling dan kabel pemindah gigi dari tuas pemutar. Bersihkan sendi bergerak dan beri pelumas. Jika kabel rusak, ganti baru.

Jika masih bagus, ambil kantong plastik, lubangi ujungnya, lalu masukkan kabel dan diikat. Tuang sembarang oli secukupnya, usahakan oli baru. Kalau kabel sulit bergerak, isi dengan bensin sebagai tahap awal agar kotoran keluar.

Copotlah karbu dari dudukannya. Bongkarlah karbu agar bisa membersihkan sampai kedalam. Segera periksa pelampung dari kemungkinan bocor. Karena jika pelampung kemasukan bensin, aliran bensin tidak dapat berhenti walau mangkuk karbu telah penuh. Sesuaikan ukuran Pilot Jet, Main Jet, dan Starter Jet sesuai dengan spek pabrik. Jangan sekali-kali memperkecil atau memperbesar lobang spuyer. Periksa dasar karbu (sisi karbu yang menempel ke rumah karbu), jika tidak datar, amplaslah dengan kertas gosok no 800 diatas kaca tebal sampai benar-benar lurus. Jika sisi dasar karbu melengkung, maka saat mesin menyala, bensin yang seharusnya masuk ke lobang hisap dapat keluar dari sisi bawah karbu. Selain itu juga menyebabkan setelan angin tidak ketemu, yang akhirnya mesin mbrebet. Jika sudah selesai, cuci dengan bensin lalu Bersihkan dengan kompresor atau pompa sepeda motor. Pasangkembali jika karbu sudah bersih.

Langkah selanjutnya, putarlah kipas sampai lobang hisap tertutup. Tuang minyak tanah kedalam lobang hisap secukupnya saja.(Pada gambar menggunakan oli samping berwarna hijau agar tertangkap jelas di kamera) Jika mitan turun sangat cepat, bersiaplah turun mesin untuk perbaikan lebih lanjut.
Jika dipaksakan, konsumsi bensin vespa Anda sudah dipastikan sangat boros, karena saat membuka gas, bensin akan menyembur keluar dari lobang venturi karbu. BBM akan terbuang sia-sia. Disinilah penyebab utama vespa boros BBM.

Langkah selanjutnya, lepas knalpot, lalu buka kepala cylinder dengan melepas 4 baut yang terdapat di kepala cylinder. Lepas pula rumah piston dilanjutkan dengan melepas piston. Penggantian ring ataupun piston, atau kemungkinan sudah membutuhkan oversize tergantung dari pengukuran toleransi yang diijinkan oleh pabrik. Untuk pengukuran ini dibutuhkan alat ukur khusus, misalnya jangka sorong dan vooler. Secara sederhana, jika kebocoran kompresi yang ditandai dengan menghitamnya dinding piston hanya beberapa milimeter dari ring, berarti piston dan ring masih layak untuk digunakan. Jika dinding piston yang menghitam sudah mencapai lubang masuk atau lubang keluaran atau lubang pen piston, sepertinya
memang waktunya untuk oversize, atau setidaknya ring pasti harus diganti baru.


Bersihkan kerak pada piston dan kepala cylinder dengan menggunakan bensin dan sikat gigi bekas, jangan gunakan sikat logam atau gertas gosok. Arah penyikatan usahakan melingkar sejajar dengan alur ring piston. Untuk kerak yang tebal, gunakan skrap plastik, atau barang semacamnya yang bukan terbuat dari logam dan lakukan dengan hati-hati. Jika ingin mudah, beli saja carbon cleaner

Setelah piston, rumah piston dan kepala cylinder bersih, pasang kembali. Ganti gasket dengan yang baru.
jika pengerjaan diatas selesai, pasang kembali kabel kopling, kabel pemindah gigi dan kabel gas. Sudah pasti oli yang berada di kantong plastik sudah masuk ke dalam kabel, dan tentunya kabel akan bergerak dengan enteng. Jika kabel masih terasa berat, keluarkan saja, cari tahu penyebabnya. Idealnya ya ganti baru semuanya
Terakhir, kembalikan semua ke bentuk aslinya, pasang busi baru, ganti oli, lalu coba deh….
Ngantuk nih… ntar dilanjut lagi tentang busi dan stelan angin

Oli Samping Seperti Apa Yang Bagus?


Jawaban :

kl soal merk sh apa aja mas, asal standar mutunya jelas, bertanggung jawab, dan minimal ada JASO FC, API TC, dan atau ISO L-EGC cukup bagus melindungi piston dan ringnya, dinding silinder, kruk as, dan bagian yg bergesekan lainnya namun mengakibatkan kerak yang cukup tipis dan asapnya jg lumayan tipis. dan yang terpenting jangan gonta ganti merk oli karena lapisan film dr oli sbelumya belum tentu menerima lapisan film dari merk oli yg baru. hehee
kalau mau yg lebih bagus lg yg standarnya JASO FD, API TD, dan atau ISO L-EGD namun harganya min 70rban. dan sebaiknya cukup yang semi syntethic atau synthetic blend saja, karena yg full synthethic aka 100% synthethic (100rb keatas) akan mengakibatkan ruang bakar kotor pd mesin 2 tak yang standar dan suhu mesinnya lebih adem dibandingkan mesin 2tak berperforma tinggi. namun dengan syarat produsen oli tsb tidak asal dalam pencantuman standar olinya.hehee
saya pernah baca di tabloid otomotif sekitar tahun 2004 atau 2005 bahwa hal diatas pernah diuji di tabloid tersebut. memang sih oli samping full synthethic ibarat kata lapisan filmnya ibarat jala yg rapat dan tahan sobek menutupi permukaan logam yg bergesekan namun sisa pembakarannya akan tebal pd mesin yang tidak berperforma tinggi karena oli tsb akan mulai terbakar (baru akan lho) diatas suhu 270 derajat celcius sedangkan oli semi synthethic aka synthethic blend baru terbakar pd suhu diatas 70 derajat celcius.
nahh kebayang kan kalo vespa kita msh standar tp coba2 pk yg full Synthethic.
selain tu faktor yang gak kalah penting adalah keberadaan additif yg bernama “DILUENT” yg kerjanya sebagai penggabung bensin dan oli agar tercampur sempura tanpa diaduk. yah mirip2 kayak sabun yang mampu menyatukan air dngn minyak. hehee
keberadaan ni zat mudah diketahuinya, caranya isi botol bening dengan bensin secukupnya lalu tuangkan oli samping kedalamnya dengan perbandingan 2-2,5% atau 20-25 ml oli samping tiap liternya. perhatikan dengan seksama proses kelarutan oli sampingnya, jika amat cepat larut tanpa dikocok berarti produk tsb pasti ada diluentnya.
namun pd produk oli racing alias for competition use only (200rb keatas per liternya), rata2 mengandung “Castor Oil (bukan Castrol)” alias minyak jarak seperti merk Castrol A747, shell Racing,Blandzald Gold, dan seabrek oli racing lainnya. oli racing sulit tercampur sempurna dengan bensin sehingga wajib dikocok dan seusai balap sema jeroan baik blok silinder hingga crancaseyang terlumasi oli itu hrs dibersihkan karena castor oil bakal berkerak keras atau lengket bagai gum (seperti permen karet).
namun hal nomor satu yg wajib diingat adalah semua uang yang kita belanjakan akan melayang sia-sia jika ternyata oli yg kita beli ternyata palsu.dan bahaya kerusakan mesin akan mengintai. heheee
moga bs membantu.

Tips merawat Motor Vespa anda



Merawat Busi

Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa.
Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang.
Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator.
Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli.
Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.
Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi.
Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 – 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan.
Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek.
Ingat cara manual diatas harus dengan kesabaran.
Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi. Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut :
Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang
Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso.
Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis.
Resiko akibat memakai air zuur / air raksa juga ada, yakni jika uapnya terhirup hidung kita akan berbahaya. Hm ….. resiko cukup berat. Logam berat akan memasuki rongga pernafasan kita. Cara mengatasi supaya tidak terhirup adalah dengan memakai penutup hidung.
Sekedar anda tahu, jika ada orang yang menjual busi dengan tanpa baju, masih bersih, tapi harga miring, harap hati-hati, biasanya hasil praktek model begini. Hasilnya memang menakjubkan. Setelah kerak dibuang, lalu digosok dengan sikat dan rinso, maka dijamin kotoran dan lemak oli akan terbuang, Busi-pun jadi kinclong seperti keluar dari pabrik.
Selain dengan manual diatas ada cara lain utk membersihkan kerak yakni dengan memakai carburator cleaner. Tetapi jika dengan carb cleaner biasanya ada pengaruh terhadap busi, sebab ketika cairan carb cleaner di semprotkan, suhu busi menjadi terlalu dingin.
Jika busi dibersihkan secara rutin (3, 4, atau 5 hari sekali) , dan jangan menunggu hingga vespa mogok, dijamin busi tdk akan pernah mati.
Hal-hal yang menyebabkan busi mati
Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
Coil terlalu lemah
Platina / CDI lemah
Rendahnya kualitas Bensin
Rendahnya kualitas Oli samping
Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir.

JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI

Jika kita terpaksa mengganti busi busi jangan pernah dibuang, sebab busi yang bekas pakai dan disimpan lamaaaaaa…. kemudian dipakai lagi, biasanya pengapiannya cukup bagus.
Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh, insya allah bisa dimanfaatkan

MERAWAT BUSI SUPAYA AWET

Jalan paling mudah memelihara busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.
langkah yang lain adalah langkah cukup nyeleneh, alias tidak ada Standar Operasional Pabrik (SOP) nya dari pabrik adalah dengan merebus busi. Langkah terakhir inilah yang cukup jitu. ya paling tidak oleh para sekuteris cekak rupiah, kayak anak pelajar.
Langkah tanpa SOP pabrik ini adalah sbb :
1. kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli. 2. siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci diatas kompor. 3. setelah mulai panas (bergolak), masukan busi kedalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.
Jadi cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.
Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, maka kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik.
Akan lebih bagus jika busi baru dibeli juga diperlakukan sama. Pengalaman family-ku di Tegal. busi baru yang dipakai vespa dengan melalui proses rebus, 5 tahun ga pernah ganti busi.
Sekali lagi ingat pepatah JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI
MERAWAT ACCU
Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.
Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.
Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.
Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-ny dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.
Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ?
Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidakberair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + uatamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara subu + dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.

MERAWAT ACCU

Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.
Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.
Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.
Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-ny dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.
Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ?
Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidakberair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + uatamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara subu + dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.

Cara menghidupkan Koil Vespa pada saat darurat

Cara menghidupakan Koil (tuk kondisi darurat)

Bro,.sis,.n bung,.gw(Arif) mo numpang melaporkan hasil eksperimen ya ? hehee,..
Begini ceritanya. hehee. saya memiliki koil Merk KGD atau sering disebut koil PX lokal yg ciri2nya di bodi koil ada tulisan FL dan INDONESIA serta KGD di cop businya. koil ini saya beli akhir 2003 dan akhrnya bermasalah akhr 2009. Koil ini telah lemah tp belum koit total sehingga apinya putih kecil dan kadang membesar tp merah warnanya dan membuat lari vespa tertahan bahkan buat vepa susah hidup walaun saya dh pk magnet bajaj. Cukup susah sekarang menemukan koil yg dahulu seharga 40rb ini sehingga sekarang pakai koil Danmotor tp api putihnya gak segede KGD wkt dlu.
Saya memiliki teman anak SMU 5 bgr dan pernah memberi saran bahwa koil yg dah lemah dapat normal SEMENTARA dengan cara memukul koil tsb dengan bagian belakang obeng besar. nahh, td malam (14 feb)saya mencoba cara tsb.
Sesuai saran teman saya tsb maka koil saya getok2 pk gagang belakang obeng besar bodi koil yg item kenceng2 dari berbagai penjuru (gak ragu krn ni koil rusak niatnya emang mau dibuang) sekitar semenit tp tanpa membuatnya terkelupas. lalu saya pasang menggantikan KOIL Danmotor. setelah terpasang lalu saya mendekatkan kabel businya ke sekrup penahan throttle karbu dan menyelahnya dengan perlahan.
Aneh bin ajaib ternyata apinya membesar dengan warna putih bahkan lebih besar daripada api dr koil Danmotor (yg resin pelindungnya kuning bening) dan saya test jalan td malam n td pg ternyata dapat membuat vespa berjalan normal. hehee
Kesimpulannya adalah kl koil yg lemah dn belum koit total dapat dihidupkan sementara dngn cara memukul2nya dengan gagang obeng besar. tips ini tidak berlaku dan tidak dianjurkan pd koil yg masih normal karena dikhawatirkan malah dapat merusak total koilnya, dan pastikan wkt menggetok koil jngn sampai membuat koil terkelupas yg dapat mengakibatkan kebocoran tegangan. oya saya jg kesetrum pas vespa vbb saya nyala dan saya pegang pangkal kabel koilnya.
Koil eksperimennya msh saya pakai dan ingin saya ketahui batas maksimal hidupnya setelah dihidupkan ulang (digetok)dan akan saya laporkan kl koit lg. tengkyu jg tuk temen saya itu yg memberikan tipsnya. moga hasil eksperiman saya bermanfaat.

Caranya nyetting setelan angin

Mesin dalam kondisi tidak dingin, jadi bukan dalam kondisi baru dinyalakan pada pagi hari.
Setelan langsam (yg putarannya di atas karbu) diperbesar sampai agak besar.
Setelan angin diputar ke kanan poll sampai menutup, kemudian dibuka diputar ke kiri satu setengah putaran.
Mesin dihidupkan, setelan angin diputar ke kanan dan/atau ke kiri sampai mendapatkan suara termaknyus (ada yg menyebutnya dengan suara terbesar, ada juga yg menyebutnya dengan suara paling nyaring, atau melengking).
Posisi tsb adalah posisi ter-ideal, dan masih bisa ditambah ke kanan atau ke kiri sedikit sesuai dengan selera.
Setelah tercapai kondisi tsb, setelan langsam di kembalikan ke posisi semula.
Langsam distel sekecil mungkin sehingga waktu masuk gigi 1 tidak menyentak, tetapi sekaligus juga jangan terlalu kecil sehingga langsamnya jangan gampang mati.
Catatan : Untuk Berdiskusi lebih lanjut bisa mengunjungi VIO Forum di:
http://vespa-indonesia.web.id/index.php/topic,14586.0.html

Supaya Vespa tidak boros

bro ngakalin supaya vespa tuh gak boros gimana ya bro,..waduh sampe tekor saya mikirinnya, hehehe please bro share ya ,..

Cara ngakalin supaya vespa gak boros, salah satunya yaitu dengan mengkondisikan supaya vespa kita memiliki sistem pembakaran yang bagus (sesempurna mungkin)
Untuk dapat terjadi pembakaran yang sempurna, setidaknya ada tiga unsur yang mempengaruhi :
1. Bahan bakar yang bagus yang siap untuk dibakar
2. Api yang bagus untuk membakar point 1
3. Waktu pengapian yang bagus : pertemuan antara bahan bakar dengan api.
1. Bahan bakar yang bagus.
Yang dimaksudkan di sini ada perpaduan yang pas antara bensin dengan oksigen, dimana prosesnya dilaksanakan di karburator.
Jika terlalu banyak oksigen (udara/angin) dan kurang bensin dalam prosentase gas yang akan dibakar, maka hasil pembakaran tidak maksimal.
Demikian pula terlalu banyak bensin dan kurang oksigen membuat pemakaran juga tidak akan sempurna.
Dalam hal ini peranan karburator dan settingannya menjadi sangat penting.

2. Api yang bagus.
Api yang bagus sangat diperlukan untuk membakar campuran gas bahan bakar yang bagus,
supaya menghasilkan pembakaran yang juga bagus.
Sekalipun cetusan api terjadinya di busi,tetapi di dalamnya melibatkan komponen lainnya, misalnya : tutup kepala busi, kabel busi, koil, platina atau CDI, dan sumber dayanya (spool dan magnet).
Jika ingin pembakaran yang sempurna, maka deretan komponen2 penghasil api tersebut semuanya harus dalam kondisi prima.
Karena dari kondisi yang prima itulah akan dihasilkan api yang bagus, dan api yang bagus itulah yang menunjang adanya pembakaran yang sempurna.

3. Waktu pengapian yang bagus.
Maksudnya adalah waktu yang tepat untuk terjadinya proses pembakaran.
Yaitu waktu di mana busi meletikkan bunga api dalam kaitannya dengan posisi seher dalam mesin (ruang bakar).
Jika vespa kita memakai CDI, maka untuk sementara point 3 ini bisa diabaikan;
walaupun sebenarnya perkembangan yg sekarang CDI-pun bisa diset untuk mengatur kapan saatnya busi akan memercikkan bunga api.
Jika vespa kita memakai platina, maka setelan waktu pengapian yang bagus ini seringkali kita kenal juga dengan istilah poor & na.
Imho, gabungan ketiga hal di atas inilah yang akan menghasilkan pembakaran yang baik, pembakaran dengan efesiensi dan efektivitas yang maksimal, sehingga dengan sendirinya setiap liter bensin juga akan mencapai daya tempuh maksimalnya.
Mengenai oli samping memang tidak sy masukkan, karena sekalipun oli samping juga akhirnya terbakar, namun sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan “sistem pembakaran” itu sendiri.
1. Mengenai “bahan bakar yang bagus”.
Kita tahu bahwa dalam proses pembakaran membutuhkan campuran udara (oksigen) dengan bahan bakar (bensin).
Perbandingan yang ideal untuk keduanya, kata orang yang ngerti, adalah 14,7 : 1.
Campuran dengan komposisi semacam itu akan menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan gas buangnya juga relatif bersih.
Komposisi campuran udara dan bensin tsb acapkali disebut dengan AFR (Air Fuel Ratio).
Nah, yang sulit adalah bagaiamana menyetting karburator supaya menghasilkan AFR 14,7.
Dan rupa2nya teknologi karburator emang sudah mentok;
mau disetting bagaimanapun juga tidak mungkin menghasilkan AFR yang selalu sempurna.
Karena itu maka kemudian berkembanglah sistem injeksi, di mana pencampuran bensin dan udara tidak lagi dilakukan di karburator, melainkan bensinnya disemprotkan ke dalam mesin; dan jumlah diatur secara elektronik untuk seakurat mungkin disesuaikan dengan kebutuhan.
Dengan sistem injeksi pembakaran yang dihasilkan memang lebih sempurna, bensin lebih hemat, gas buang semakin ramah lingkungan.
Karena itu tidak mengherankan bahwa untuk standar Euro 2, mesin sudah diharuskan memakai sistem injeksi.
Kita bisa melihat, mau disetting sebagus apapun, karburator tidak akan pernah menjadi sempurna.
Terlebih lagi jika settingan karburator dikerjakan ala kadarnya; bisa dibayangkan bagaimana hasilnya.
AFR-nya jauh ke mana-mana, hasil pembakaran sudah pasti tidak maksimal, dan bahan bakarpun sebagian terbuang sia-sia (karena ketidaktepatan AFR), sehingga Vespa kita menjadi semakin boros.
Pernah ada yang mengatakan seperti ini :
“Jika perbandingan udara dan bahan bakar tidak ideal (tidak dikendalikan) menjadikan bensin boros pada campuran yang terlalu banyak bensin. Selain itu, pembakaran tidak sempurna, akibatnya emisi gas buang berlebihan dan tenaga tidak optimal karena energi kinetis yang dihasilkan pun tidak maksimal. Kerusakan mesin pada jangka pendek maupun jangka panjang lebih cepat terjadi.”
Campuran terlalu kaya, bensin boros.
Campuran terlalu miskin (lean), tenaga juga tidak maksimal, jadi main gas besar, mesin panas, dan bensin juga boros.
Praktisnya, supaya Vespa kita agak tidak boros, dalam kaitan dengan gas bakar :
- Pelihara kebersihan karburator, termasuk kebersihan saringan udaranya.
- Paking dari karburator ke mesin jangan ada yang bocor, demikian pula seal setelan angin.
- Pakai spuyer standar.
Atau kalo kondisi mesin/karburator sudah tidak standar, diujicobakan memakai spuyer yang paling sesuai (dan otomatis mendekati AFR yang seharusnya dibutuhkan).
Di beberapa thread, sy baca bagaimana para senior sudah membagi-bagikan ilmu dunia per-spuyeran-ini.
- Setting setelan angin semaksimal yang kita bisa untu mendapatkan AFR yang seharusnya.

Selasa, 22 Juni 2010

VESPA'62 DI JUAL CEPAT

5 September 2009 14:14 | dibaca 2103 kali
VESPA ANTIK'62 HIJAU MUDA SANGAT MULUS,MESIN TOKCER SEKALI,SANGAT ANTIK BARANG LANGKA,BPKB,STNK,PAJAK PANJANG,PLAT B PENAWARAN HARGA RP.14.000.000(NEGO) PEMINAT ERIUS HUBUNGI ;R RONNY 081319168562
Dikirim oleh: Ronny kristianto, Jakarta selatan, 081319168562
Terd
IKLAN TERKAIT
Di Jual Vespa Piaggio Excel. 3 jt.
Di jual motor vespa, thn 1992/93, bensin warna biru, kilometer 42, stnk sampai 2008, perseneling manual, masih original cat, tangan…
jual motor vespa
JUAL MOTOR VESPA TH 64,66,73,74 KONDISI SUDAH RAPIH, BODY MULUS, MESIN BAGUS, SIAP PAKAI, FULL ORISINIL BAGI YANG BERMINAT BISA…
Vespa Super '66 Rp3.5 jt
peminat serius hub 085276967968, bpkb sumatera utara. masih standard bro...!
[JUAL] Vespa VBB2 1965 (6,2jt NEGO)
vespa VBB 1965, stnk bpkb lengkap, nosin dan rangka akur di scooterhelp, mesin jamin gress, cat umur 1,5 thn, body…
Vespa Sprint 77
Dijual vespa sprint tahun 1977 tangan ke2, warna biru, kondisi OK, cat baru, pajak baru perpanjang, plat Jakarta. Harga damai!!!…
jual vespa super th 1973
jual vespa super th 73... surat2 lengkap............... mesin tokcer siap jalan jauh...... harga 2 juta.....................................
jual vespa thn 79 n' 75
thn 79 warna hitam,plat D,body bulet,mesin mulus,harga 5.5 jt thn 75,warna hijau lumut,plat Z,body mulus,mesin alus,harga 5.5 jt Hub :…
vespa klasik di jual
Th 65 Kongo kondisi bagus surat lengkap nama sendiri 9 juta nego Th 76 sprint kondisi bagus surat lengkap nama…
JUAL murah BRooOOO...
d jual R320s,warna biru kondisi mulus buanget(500rb) d jual nokia jadul 6150,kondisi barang 80%,cassing warna biru tua(340)
JUAL murah BRooOOO...
nokia Jadul tipe 6310i,warna orange mulus kondisi 90% istimewa,batry tahan 3 hari.harga (800rb) bisa NeGO.........................................................apat pada: , vespa, jadul

Senin, 21 Juni 2010

Daftar iklan Vespa di Indonesia | bekas.com


DAFTAR IKLAN VESPA DI INDONESIA

Rp 22,500,000 nego
1. Jual vespa kolektor item
Dijual vespa kolektor item VNB2T setang tangkep (cepuk) tahun 1961, full restorasi orisinil, komplit dengan aksesoris impor, warna coklat muda retro, mesin sehat, BPKB dan STNK tembus, pajak hidup. Cocok untuk koleksi, atau disewakan untuk foto,properti film, iklan dll.
Foto bisa dikirim via email
2. Dijual VESPA Super 75 Orisinil Plat N Malang
DIJUAL VESPA SUPER TAHUN 1975 ORISINIL CAT, MESIN HALUS ASLI BAWAAN SUPER. KONDISI JALAN. STNK BPKB LENGKAP TEMBUS SEMUA, PAJAK TELAT 2 TAHUN. PLAN N MALANG KOTA. Harga 4 juta Pas. MINAT HUB. 0817322025 ( Barang Ada Di Malang )
3. Vespa Super 71 pala bulet,Excel 96,Bajaj Super 78
Excel 96 : http://i732.photobucket.com/albums/ww325/daramanisku/DSC02073.jpg
Bajaj Super 78 : http://i732.photobucket.com/albums/ww325/daramanisku/DSC02057.jpg
Super 71 pala bulet : http://i732.photobucket.com/albums/ww325/daramanisku/SP_A0355.jpg

call or sms : 0856 848 1616
4. dijuall/....
vespa Th 61 surat lengkap pajak baru,warna biru tua berminat hub 085641580908
5. Di cari vespa
Di cari vespa(super, pts) harga 1 - 3,5 jt,,
Cat(hitam, biru tua, merah)
Mesin siap touring
Surat2(lengkap, masih berlaku)
085736656433
Kaliwungu - Jombang
Rp 4,500,000 nego
6. JUAL VESPA PTS100 '79
Dijual Vespa PTS100 tahun 1979
warna biru orisina, mulus, surat2 lengkap.

Hub. Benny
022-70359933
Rp 1,500,000 nego
7. dijual stang vespa 125,box vespa 65,stang 66
Dijual murah stang vespq 125cc Rp 1,5jt, box vespa 65 repro/set Rp 800,000, stang 66 Rp 700,000. semua harga nego.........
berminat hbgi; 031-72151525
Rp 12,500,000 nego
8. vbb'62, djual cpt, nilai sndiri!!!!!!!
VBB2 1962 4speed
- Bodyset VBB2 original: bodi tengah, setang, spakbor, box kiri/kanan
- Mesin VBB2 original
- Speedo original P/ A
- Kaki2 depan/belakang original VBB2
- Handsgrip original P/A (Original bawaan motor)
- Ring lampu depan Siem / lampu depan Siem tengah
minat hub 081 338 3535 08
9. PUSAT JUAL-BELI VESPA
BENGKEL VESPA ROBBY

TERIMA :

- JUAL BELI VESPA

- SERVIS VESPA

- CAT BODY, DLL

- AKSESORIS

DIJAMIN PALING MURAH...

TLP 415239 / 9667534
Rp 16,000,000 nego
10. Vespa 1951
Jual body vespa 1951 asli lengkap full variasi, keadaan jalan pake mesin super 1976, harga 16jt peminat serius hub : 081318386056.
Rp 3,000,000 nego
11. vespa super 77
jual santai super 77
surat komplit
pajak hidup
hub; 085292041884
Rp 3,500,000 nego
12. jual cepat
jual cepat vespa 66 harga nego ,cat muls,warna biru langit,hub coki 02194991454

Kupling Vespa

Kopling Vespa Biar Lebih Enteng

Sebenarnya konsep pada tulisan ini sudah banyak yang tau dan banyak yang mencoba, tapi tidak ada salahnya kita bahas lagi barangkali masih ada yang memerlukan dan untuk mencobanya.

Sekarang yang kita bahas adalah mengenai kopling, karena banyak pertanyaan seputaran kopling , seperti kopling sering putus, berat, los dan lain-lain.

Untuk mengatasi kopling berat ini hanya sedikit tambahan saja dan tidak memerlukan biaya, asal pesyaratan utama sudah terpenuhi seperti : Kampas Kopling, Kabel Kopling Luar dan Tali Kopling semuanya normal & bagus. Selain itu sebelum memasang kabel kopling sebaiknya kabel tersebut diguling kecil dan masukkan ke dalam rendaman olie dan tunggu beberapa saat. Bisa juga mengganti kabel kopling dengan kabel perseneling agar lebih kecil sehingga tidak seret.

Dengan menambah potongan rante bekas pada pelatuk kopling juga menyebabkan tarikan kopling lebih enteng.
Caranya :

1. Potong rante motor bekas (bisa minta ke bengkel motor jepang)
2. Potongan kabel kopling luar sepanjang 5 cm

Supaya pengerjaannya lebih mudah, sebaiknya buka tutup bak kopling, kemudian keling/baut yang kuat potongan rante pada pelatuk kopling, lihat gambar berikut ini.

Gambar tampak samping
Gambar tampak depan

Gambar sudah terpasang
Dengan menambah panjang pelatuk kopling (Rante) kurang lebih 2cm menyebabkan gaya tarik lebih ringan dibanding sebelumnya, sedangkan penambahan kabel kopling luar sepanjang 5cm adalah untuk memudahkan dalam pemasangan.

Minggu, 20 Juni 2010

My Vespa's up to me

Do not mind the opinion of ordinary people who do not know the existence of rat scooter, they only assess the packaging alone, because they do not know for sure. sleigh try people who are out there to blog Hengki-kick to be able to understand what it is Vespa trash, brekele, rat scooter, combine the spirit of togetherness in the street with a ride a scooter, let the storm hit, we combine the determination scooterist never die, what all its forms, from anywhere they come from, what the important faction of the Vespa motor, .. Okay ,..!!! I am very proud of each club vespa residing in Indonesia, with the gathering together we can improve the relationship, let's spread the virus in Indonesia this. Yes Bro ,..... we are brothers scooter ,.....